VOILA : BROMO

9.9.16




Is it so beautiful? I think everyone will agree. Where is it? It is in Bromooooooo.

Ini pertama kalinya, saya ulang tahun di suatu tempat yang indahnya luar biasa. Nah, jadi memang sebelum-sebelumnya tiap ulang tahun sih di rumah aja, nggak pernah kemana-mana, paling dirayainnya makan-makan di tempat makan bareng temen-temen. Tahun ini, ulang tahunnya agak beda!

Rencana memang sudah dibuat jauh-jauh hari, seperti personilnya, kendaraan, dana, dan sebagainya. 6 orang akhirnya fix berangkat pakai mobil pribadi sampai tempat pemberhentian mobil pribadi dekat pintu masuk Wisata Gunung Bromo (Namanya Wonokitri) dilanjutkan ke penanjakan kami harus sewa mobil jeep di sana. Jadi, kami berangkat jam 00.00 tepat supaya bisa kekejar nonton sunrise in my birthday! 

Ternyata kami datangnya terlalu pagi, lah tempat sewa jeepnya aja masih belum buka. We were really too excited. Hahaha. nggak berapa lama pengunjung yang lain berdatangan. Ternyata hari weekday atau weekend, Bromo tetap rame loh! Setelah penyewaan mobil jeepnya buka, kami diantarkan ke penanjakkan supaya bisa jelas lihat sunriseWe couldn't wait! 

Suhu di penanjakan waktu itu cuman 9 derajat, hidung merah, semuanya nutup hidungnya biar ngga kedinginan, sambil tunggu sunrise kami salat subuh di sana dan mampir di warung untuk sekedar minum teh hangat. Biar nggak beku! Kami semua kedinginan eh ada beberapa bule di sana cuman pakai jaket tipis dan pakai celana pendek. (Mungkin di negara asalnya lebih dingin dari itu. bersyukurlah sodara kita ada di Indonesia #selfdefenseWell, kami merasa cupu seketika. Tapi emang dingin bangeeeeeet.

Udah mulai sunrise yeay, kami capture semua tiap detik sampai mataharinya benar-benar kelihatan utuh, maunya buat timelapse, boro-boro buat pencet tombol capture aja pada minta tolong satu sama lain karena ngga ada yang mau lepas kaos tangan, frozen. Hahahaha. Yang penting udah captured! Masyaallah indah luar biasa. Langsung bersyukur masih bisa dikasi kesempatan sehat hingga saat ini dan bisa ngelihat kuasa-Nya.

Abis gitu, kami turun ke pasir berbisik, hamparan lautan pasir di dekat kawah. Oya, kami nggak ke kawah karena waktu itu, Bromo lagi aktif (lagi batuk kalo kata ibu saya) jadi semua turis memang tidak diizinkan naik ke atas. Setelah itu kami ke Bukit Teletubbies karena bentuknya berbukit-bukit seperti taman bermainnya lala, po. >,<

Jadi, yang buat beda kali ini adalah ngerayain ulang tahun ngga di rumah, sama orang-orang deket, dan bisa pergi tengah malem (maklum masih punya jam malam :p). Nggak ada kue perayaan ulang tahun, tapi di kado sunrise yang luar biasah. Alhamdulillah! Happy birthday to me! (& thanks to my beloved who arranged anything in my bday :$)




Nah, buat yang pengen ke Bromo tapi nggak tahu harus naik apa, apa harus ikut tour atau gimana. Saya punya beberapa pilihan untuk menuju ke Wisata Gunung Bromo.
  1. Gampangnya, ikut tour and travel yang bisa pesen online, di jemput & di anter pulang tinggal duduk cantik di mobil selama perjalanan. Tapi biayanya nah itu bisa pilih yang murah sampai yang mahal.
  2. Sewa mobil jeep dari Malang sampai Bromo. Nggak pake turun-turun. Tarifnya dari Malang - Bromo IDR 1.000.000++ 
  3. Sewa motor trail bisa sampai ke penanjakan, pasir berbisik, bukit teletubbies. Traveller sejati ini mah! Tarif sewanya kalau nggak salah IDR 250.000/motor (di Malang)
  4. Naik mobil sampai parkiran masuk Bromo, sewa jeep, pulang naik mobil pribadi lagi. (Saya pilih yang ini kemarin). Tarifnya naik mobil pribadi cuman perlu isi bensin secukupnya dan sewa jeep sebesar IDR 600.000
  5. Naik motor pribadi ke sana! Cuman perlu persediaan bensin sama biaya masuk. Eh, siap-siap uang buat ganti ban bocor kalau bocor karena rawan kan motor biasa dipakai touring. Oya satu lagi siapin biaya beli koyo di taruh di punggung sama puser dan jangan sekali-kali minum antimo bahaya!.
Untuk biaya masuk Wisata Gunung Bromo, ntah per kapan udah naik loh! Tenang aja nggak mahal kok, yang jelas biayanya untuk perawatan akses menuju Bromo dan kebersihan tentunya. 


Hari biasa : turis lokal IDR 27.500/orang
                   turis mancanegara IDR 217.500/orang 
Hari libur : turis lokal IDR 32.500/orang
                  turis mancanegara IDR 317.500/orang 

Untung yah, kita orang Indonesia!  :p

Mau ngelihat sunrise yang super duper amazing? Liat aja di atas jemuran #loh hahaha
Bromo is totally recommended . :)

Oya, jagalah kebersihan di sana, jangan buang sampah sembarangan ya!

Happy Holiday!






You Might Also Like

0 comments