ENGLISH VILLAGE: PARE

1.10.16



Assalamualaikum 
Malam ini tiba-tiba susah tidur tapi sulit juga untuk nahan kantuk, kemudian iseng buka laptop dan ingat tahun lalu adalah tahun-tahun transisi, tahun-tahun percobaan yang jelas i couldn't explain how but fortunately i got so many things last year! 

Tahun lalu saya lulus, sarjana, dan wisuda! Kemudian, saya menjadi job seeker, ikut job fair sana sini but finally i decided to continue my study in master. Bismillah karena sekarang lanjut kuliah di dalam negeri, semoga bila diizinkan bisa cari ilmu sampai luar negeri! Amin.

Nah, entah kenapa saya ingat setelah lebaran tangan saya, ngetik-ngetik sendiri mencari tahu di search engine tentang kampung inggris. Saat itu saya benar-benar ngga tahu-menahu tentang kampung tersebut. Kemudian terpikir, what if i improve my english there? Itung-itung belajar mandiri, masa udah lulus kuliah belum pernah ngerasain hidup sendiri, tapi-tapi saya ajak-ajak teman saya waktu itu, cuman semua menolak, karena berbagai macam alasan. Akhirnya saya putuskan untuk datang ke kampung inggris sendiri. 

Ternyata, kampung inggris adalah suatu kawasan di Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur yang menyediakan ratusan lembaga belajar Bahasa Inggris. Pikiran saya saat itu, kampung inggris adalah satu daerah yang semua orang menggunakan Bahasa Inggris dalam berkomunikasi yang akhirnya memaksa kita untuk komunikasi dalam bahasa asing. Walaupun ngga salah-salah amat sih, tapi sedikit banyak intinya setelah dari sana banyak bule dadakan tiba-tiba bisa ngomong bahasa inggris :p 

Saat itu, saya pilih Mr. Bob sebagai tempat les saya beserta asramanya. Sehingga jadwal saya full dari pagi hingga malam. Pagi, sore, dan malam kelas berada di asrama, di asrama dibuat satu peraturan yaitu english area dimana semua orang yang ada di asrama harus berbahasa inggris. Siang hari masuk kelas berada di tempat yang disediakan dengan mengendarai sepeda ontel untuk menuju ke kelas dan diajarkan tentang materi-materi umum bahasa inggris.

Kira-kira 2 bulan saya berada di Kampung Inggris and now i forget to say 'what' in bahasa. :p bercanda ses! Tidak hanya Mr. Bob ternyata yang ada di kampung inggris, hampir 100 lebih jumlah courses di sana, ada Daffodils, Oxford, Elfast, Bule House, Ella, Peace, BEC, Apple, Excellent dan banyak yang lainnya. Ada yang dengan asramanya juga loh, jadi kan enak tuh ngga usah mikir harus tinggal dimana.

when i was at English Village, Pare
Ryan who is wearing white hat is my tutor
Mr. Roy is foreigner tutor who come from California
so, sorry for the quality of the pictures

Jadi, lagi-lagi saya mau memberi tips untuk para blog readers yang kali ini ingin datang ke kampung inggris tapi bingung harus bagaimana.

1. Teguhkan niat berangkat ke sana adalah untuk belajar, masalah dapet pacar, teman deket, kakak           atau adik ya nomer kesekian lah :p 
2. Ikuti asrama yang menerapkan english area 24 jam non stop. (Seperti : Mr. Bob, The Eminence)         That really works. Karena ada banyak yang cuman 'formalitas' menerapkan sistem tsb. 
3. Untuk masalah kelas, tergantung kebutuhan, mau ambil kelas speaking, grammar, vocabulary,             pronunciation, dsb) boleh kok hanya ambil satu kelas di lembaga A misal, kemudian dua kelas di       lembaga B, atau ingin ambil kelas full di lembaga C, itu pilihan kalian! 
4. Les selalu dibuka pada tanggal 10 & 25 per bulan. (datang sebelum tanggal itu dan cari dormitory)
5, Karena hanya beberapa lembaga yang sudah merabah hingga dunia online, hingga membuat web         dengan domain kampung inggris sehingga mudah sekali dikunjungi, oleh karena itu bagi blog              readers yang masih sangat awam dan bingung makan manfaatkan web-web tersebut untuk         mendaftar secara online, saran ikut paket yang 2 minggu saja. Nanti kalau sudah di sana pasti           bakal tau kok lembaga yang menjawab kebutuhanmu.  
6. Ngga perlu bawa kendaraan sendiri yang nantinya malah repot, karena di sana penyewaan sepeda       sangatlah banyak
8. Terapkanlah di kota asalmu, supaya tidak lupa, setalah menjadi Sarjana Pare!

Selamat Belajar!  
                                                                 

You Might Also Like

2 comments

  1. waah sangat membantu, ditunggu sharing berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mas arie muga sukses LPDPnya dan bisa nonton arsenal wkwk

      Delete