Lawan Sakit-Sakit dengan Food Combining


Hi blog readers! Sehat semuanya? Semoga semua sehat ya, kalau saya alhamdulillaaaaah sudah kembali sehat lagi setelah 2 hari sakit flu, batuk, dan pusing! Minggu-minggu ini saya disibukkan dengan berbagai macam aktifitas. Kuliah, rapat untuk acara pelatihan penulisan jurnal bulan Desember nanti, asisten di beberapa kelas, kerjakan tugas kuliah juga, saking banyaknya sampe bingung cari jadwal buat trial & error masak menu makanan yang akan saya jual dengan teman saya, Mbem! Well, i'm so grateful because i still have so many things to do. Keep spirit!
Oya, sesuai janji saya hari ini saya akan nge-post menu-menu food combining saya. Tapi sebelumnya saya akan bahas sedikit tentang food combining itu sendiri. Setelah saya baca beberapa artikel dan buku, food combining saya definisikan sebagai pola makan yang mengombinasikan jenis-jenis makanan yang dapat diterima oleh tubuh manusia. Kombinasi yang baik tentunya akan membuat tubuh menjadi selalu berada pada derajat keasaman (pH) yang normal. Jadi ketika kita sehat tubuh akan berada pada pH yang normal yaitu 7. Nah, semakin menjauh dari pH normal, keadaan orang tersebut pasti bermasalah. Apa penyebabnya? Salah satu alasannya adalah kurangnya konsumsi sayuran (sifat sayuran adalah basa) dan konsumsi terlalu banyak makanan yang sifatnya asam, seperti daging, ayam, telur, dsb. Para pakar food combining setuju bahwa manusia tetap perlu mengonsumsi makanan-makanan tersebut sehingga kombinasi makanan yang tepat baru akan diterima oleh lambung, dicerna dengan cepat, dan membuat tubuh menjadi tidak mudah sakit karena pH berada pada tingkatan normal. Emang pernah neliti? Kalau saya, saya praktikkan pada diri sendiri dan ternyata hasilnya memang alhamdulillah sehat. Jadi kalo kepo langsung gih baca artikel-artikel tentang itu. Insyaallah bermanfaat!
Bangun pagi disarankan untuk minum air perasan jeruk nipis (jeniper) hangat atau air perasan lemon (lemper) hangat. Benar-benar ketika bangun tidur! Fungsinya untuk membuang yang negatif-negatif dalam liver atau hati, setelah minum pasti akan bereraksi nongkrong di kamar mandi! :p
Pagi hari hingga tengah hari disarankan untuk konsumsi buah segar yang berair, manis, diutamakan lokal dan sedang musim sampai perut terasa cukup makannya. Saya biasanya makan semangka, melon, jeruk, nanas, pisang dll. Emang kenyang? Kenyang dong, kalo laper ya makan buah lagi!
Siang hari sampai malam hari pukul 8.00 adalah waktunya kita makan berat tapi tetap dengan kombinasi yang tepat.
Karbohidrat + sayuran segar + kacang-kacangan (menu karbo) /
Sayuran segar + protein hewani (menu protein)
untuk kombinasi karbohidrat + protein hewani (contoh: nasi + ayam/bebek/seafood) adalah kombinasi yang paling dilarang dalam food combining, karena kombinasi tersebut akan membebani kerja lambung yang harus mencerna makanan tersebut setelah 3x24 jam, nah kalau udah kaya gini terus, kasihan lambung :( nantinya bisa melemah kerjanya sehingga amat wajar dong ada orang tiba-tiba bisa sakit, lambungnya aja dipaksa kerja keras begitu! Nah kalau masalah mual, pusing, gatal-gatal, alergi, flu sebenarnya itu adalah respon atau pertanda (alert) dari masalah tubuh kita. Kalau kombinasi food combining, tidak memaksa lambung bekerja keras dalam mencerna makanan karena untuk menu karbo, lambung dapat mencerna selama 2 jam sedangkan menu protein selama 3 jam.
These are my food combining menu for today!

F.A.Q
  1. Sudah berapa lama sih saya terapkan pola makan ini? Alhamdulillah sudah hampir 3 tahun
  2. Ngga pengen kalau ada temen makan fastfood atau nasi dengan protein hewani? Ngga, lagian kan dalam seminggu cuman perlu mengatur pola makan food combining hanya 5 hari. Sisanya, ya menu rekreasi! Boleh makan apa aja yang di mau!
  3. Alerginya sembuh? Alhamdulillah, tapi kalau saya sampai alergi gatal-gatal berarti saya masih kendor menjalankan petunjuk pelaksanaan food combining.
  4. Solusi dari alergi? Ya #jangansampekendorfoodcombiningnya
  5. Sakit terparah terakhir? Maag? Alhamdulillah, belum pernah sakit parah setelah mengatur pola makan, apalagi sampai opname dan bedrest di RS (naudzubillah)! Maagnya udah ngga pernah.
  6. Emang kalo maag boleh makan jeruk/lemon pagi-pagi? Itu cuman mitos, faktanya saya malah sehat
  7. Kok kalau makan buah ini buah itu kok jadi mual, pusing dsb? Makanlah sesuai juklak, jangan makan buah setelah makan berat (menjadi dessert) karena itu presepsi yang belum benar, buah amat baik dikonsumsi sebelum makan berat (baca selengkapnya pada buku-buku food combining). 
  8. Masih konsumsi obat? Kemarin ketika sakit, minum obat? Sembuhnya bagaimana? Seingat saya minum obat terakhir adalah hampir 3-4 tahun yang lalu. Sakit kemarin ngga minum obat, sembuhnya hanya kencengin food combining aja. Hihi
  9. Boleh minum es, minuman kemasan dkk ngga? Menu rekreasi, tapi tetap konsumsi air mineral yang banyak supaya ngga dehidrasi.
  10. Kok ribet ya? Itu semua adalah pilihan, kalau saya lebih memilih kuatkan fondasi tubuh daripada harus tembel sana tembel sini kalau ada yang bermasalah. (if you know what i mean)
Terima kasih ya sudah membaca blog saya!
Love,
  Zia A.


Comments

Popular Posts