BACKPACKER ALA-ALA KE BALI

Kira-kira postingan ini di draft udah lama banget, cuman judul, tapi ngga ada kontennya hahaha, so mari kita isi, walaupun udah inget-inget lupa wkwk.

2016, tepatnya bulan Agustus, saya dan dua teman berangkat ke Bali. Yes, the most visited place in Indonesia. Apa sih yang buat beda dari liburan waktu itu? Iya karena kami mengusung konsep minimalis, hemat, ngirit, dah apalah sebutannya pokonya penting gaya walau dana minim wkwk.

Oke, jadi waktu itu, kami seminggu di Bali dengan perjalanan, pergi dan pulang menujunya naik travel Malang-Bali. Alasan naik travel karena paling murah dibandingkan mode transportasi lainnya. It was around 200K at that time. Kami sudah pesan hotel dari jauh-jauh hari dan memutuskan masing-masing 2 (dua) malam di Hotel Pop Kuta dan Hotel Amaris Legian. Harganya sekitar 200 sampe 300 ribuan per malam include sarapan. Untuk transportasi di Bali kami sewa motor sekitar 75K/ day tapi kami sewa 2 motor karena kami bertiga dan 2 hari selanjutnya kami sewa mobil dengan pertimbangan tujuan wisata yang lumayan jauh, kalau ngga salah ingat waktu itu sewa mobil 24 jam sekitar 175 ribu tanpa bensin, mobilnya kami dapat Daihatsu Ayla, cocoklah buat bertiga. Next, untuk tempat-tempat tujuan yang kami datangi tentu lah kami cari yang gratis-gratis kalau pun ngga gratis minimal gaya lah, LOL.

Day-1 baru sampe Bali kami langsung ke Pantai Kuta, lanjut makan di fast food restaurant kayanya sih KFC banyak menu yang murmer kan waktu itu, lalu check in di Hotel Pop Kuta, sorenya kami ke pantai Double Six-Seminyak, malam harinya kami makan di Flapjacks Beachwalk, menunya yang kami pilih cuman toast-toast gitu karena ngirit, tapi gaul beb HAHAHA. Balik deh ke hotel jalan kaki lewatin gang-gang kecil isinya bule-bule lagi mabok, untung aja ngga diapa-apain (alhamdulillah, tentu jalan sambil mulut komat kamit wkwk).

Day-2 kami pergi ke Hutan Mangrove setelah sarapan dari hotel yang :)) (cukup disenyumin aja), foto-foto lah di sana, sambil ngeliatin orang lagi prewed inget banget momen itu wkwk. Terusan makan siangnya kami makan apa ya namanya kalo ngga salah mirip the halal guys gitu, warungnya di depan hostel isinya bule semua. Enak, lumayan kenyang dan insyaallah berkah karena halal food aamiin.
Lanjut, kalo ngga salah langsung ke Monumen Perjuangan Rakyat Bali (gile konten banget ga tu), tapi ada kejadian tulul waktu itu dan ternyata udah saya tulis di caption postingan Instagram. Dikarenakan perjalanan udah memakan waktu yang lumayan, sore hari kami langsung pulang ke hotel dan ada kejadian lagi saya sempat ilang gara-gara handphone dibawa sama teman, pas ngikutin jalan mereka eh kepotong sama traffic light di sunset road. Terusan pas dikejar eh ngga ketemu, akhirnya saya nyari jalan aja langsung ke hotel sambil liat penanda jalan arah Pantai Kuta, pikir saya waktu itu nanti biar bisa telepon pake telepon hotel ngasih tau teman-teman kalau udah aman. Alhamdulillahnya sampe, langsung sesuai rencana hubungi teman lewat telepon di resepsionis. Setelah kami kumpul eh sialnya kami hari itu wkwk tiba-tiba listrik mati dong, akhirnya kami harus naik tangga darurat ke lantai paling atas karena kamar kami di lantai teratas. Kebayang ngga hari itu sebanyak apa istighfarnya hahahaha. Oya buat makan malamnya jujur lupa, skip yah daripada mengarang.

Day-3 Kami pergi setelah sarapan yang :)) tadi sekalian check out dan hari itu kami sewa mobil plus supir 10 jam karena mau pergi ke Ubud. Pertama yang kami datangi adalah Ubud Palace, again and again took more pictures there (ada anak-anak yang lagi latihan tari Bali). Next destination is air terjun something lupa banget namanya  di Ubud, kami ngga gitu excited di situ karena hujan akhirnya air terjunnya berwarna coklat milo. Makan siang kami di warung halal, ayam bakar taliwang dan setelah itu dilanjut ke tujuan akhir kita Desa Adat Panglipuran. Perjalanan hari itu cukup panjang dan tau-tau udah sore aja, akhirnya pulang bawa mobil, supir yang antar kami selesai tugasnya, lanjut jalan-jalan nyetir sendiri. Kami check in dulu ke hotel kedua, udah pede di sana biar bisa jalan malem di Legian macem bule taunya kami mutusin buat pesan makanan lewat ojek online aja lanjut makan di kamar dan berenang di hotel aja HAHA. Ternyata ngga se traveler itu kami.

Day-4 Sarapan kali ini lumayan untuk taste dan variasinya, apa mungkin karena dimanage oleh Santika Hotel? Maybe..
Rencana hari itu kami mau maksimalin mutarin Bali dari Kuta lewat Tol Mandara Bali, lanjut Nusa Dua Beach, Geger Beach, Pandawa Beach, Uluwatu Temple, Jimbaran, pulang. Bayar tol ngga mahal waktu itu ngga sampe 10K kayanya, lanjut untuk pantai-pantainya free entries. Untuk Uluwatu, bayar tiket masuk ditambah kalau mau nonton tari kecak (tapi kami ngga masuk liat tari kecak wkwk) kata salah satu teman bilang "yaudah deh yuk nonton tari kecak di yutub aja" sontak kami tertawa barengan ternyata udah merasa kismin (kurang maksudnya) semua waktu itu wkwk. Setelah liat sunset di Uluwatu kami lanjut makan seafood di Jimbaran, karena kami dikit makannya jadi bisa patungan hemat sepaket untuk bertiga (harga paket seafoodnya 160K waktu itu). Lalu kami pulang dengan bahagia karena kenyang dan abis muterin Bali.
Geger Beach Bali, 2016

Day-5 Sarapan lanjut siap-siap check out. Hari terakhir waktu itu, kami lebih santai karena rencananya hanya beli oleh-oleh dan kembalikan mobil. Oleh-oleh tentu menyesuaikan budget aja, ngga belanja banyak kami. Lalu, lanjut janjian dengan pegawai rental mobil di sunset road. Setelah mobil kembali, kami makan di Chicken Run Sunset Road sekalian tunggu jemputan Travel untuk pulang ke Malang. Dalam perjalanan pulang ke Malang, kami betul-betul capek, lebih banyak tidur daripada ngobrol, bangun hanya di daerah Jembrana untuk makan sebelum menyebrang ke Pulau Jawa. Perjalanan menuju Malang kurang lebih 12 jam dan sesampai di Malang kami diantarkan ke rumah masing-masing.

Huah panjang juga ceritanya. Jadi kira-kira bener Backpacker Ala-ala ngga nih kami? Ala-ala sih ngga real wkwk. Dana yang kami butuhkan selama seminggu sekaligus travel, sekitar 2000K, kalau pada bisa ngatur makan dan ngga usah menye-menye seperti kami pakai supir segala kemungkinan bisa kurang sih. So, terima kasih ya sudah baca.